Seputar Islam
Al Fatihah, Bacaan Shalat Paling Dahsyat

Al Fatihah, Bacaan Shalat Paling Dahsyat
Al Fatihah adalah bacaan shalat yang amat dahsyat. Dalam fiqih tuntunan shalat, Al Fatihah merupakan bacaan shalat yang bersifat rukun. Teristimewa, Allah akan menjawab pada setiap ayat yang kita baca. Luar biasa, bukan…? firman Allah dalam hadits qudsi, Nabi SAW bersabda, “Allah SWT berfirman: Shalat itu Kubagi dua antara Aku dan hamba-Ku. Untuk hamba-Ku ialah apa yang dimintanya.

Al Fatihah adalah bacaan shalat yang amat dahsyat. Dalam fiqih tuntunan shalat, Al Fatihah merupakan bacaan shalat yang bersifat rukun. Teristimewa, Allah akan menjawab pada setiap ayat yang kita baca. Luar biasa, bukan…? firman Allah dalam hadits qudsi, Nabi SAW bersabda, “Allah SWT berfirman: Shalat itu Kubagi dua antara Aku dan hamba-Ku. Untuk hamba-Ku ialah apa yang dimintanya.

  • Apabila ia mengucapkan Alhamdulillahi rabbil alaminAku menjawab: “Hamba-Ku memuji-Ku”.
  • Apabila ia mengucapkan Arrahmaanirrahiim, maka Aku menjawab: “Hamba-Ku menyanjung-Ku”.
  • Apabila ia mengucapkan Maaliki yaumiddiin,maka Aku menjawab: “Hamba-Ku mengagungkan-Ku”.
  • Apabila ia mengucapkan Iyyaka nabudu waiyyaaka nastaiin,maka Aku menjawab: “Inilah bagian-Ku dan bagian hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku apa yang dimintanya”.
  • Apabila ia mengucapkan Ihdinashirratal mustaqim, shiratalladzina an’amta alaihim ghairil maghduubi alaihim waladhaalin, maka Aku menjawab: “Inilah bagian hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku apa yang dimintanya” (HR Muslim).
Sungguh luar biasa, ternyata Allah langsung menjawab bacaan shalat kita… Terungkap sudah rahasianya, mengapa Rasulullah membaca Al Fatihah ayat-demi ayat (tidak menyambungnya), sebagaimana dikatakan dalam hadits:  “Kemudian beliau SAW membaca Al-Fatihah, beliau memenggalnya ayat demi ayat…” (HR Abu Dawud).

Sahabatku ikhwah fillah J … karena itu, untuk memaksimalkan bacaan Al Fatihah, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:
  • Membacanya ayat demi ayat (tidak menyambung)
  • Memahami kandungan arti surat Al Fatihah, kata demi kata
  • Mengetahui dan merasakan jawaban Allah pada ayat demi ayat yang kita baca
Meyakini bahwa jawaban Allah akan segera terwujud buat kita








Seputar Islam Lainnya
2 Sebab Utama Kenapa 10 Hari Terakhir Ramadhan Sangat Istimewa
2 Sebab Utama Kenapa 10 Hari Terakhir Ramadhan Sangat Istimewa
Kamis, 15 Juni 2017 09:19 WIB
Ayah Bunda, sebentar lagi kita akan memasuki 10 hari bulan Ramadhan. Tidak terasa yah. Bulan Ramadhan merupakan momentum peningkatan kebaikan bagi orang-orang yang bertaqwa dan ladang amal bagi orang-orang shaleh. Terutama, sepuluh hari terakhir Ramadhan.
Keutamaan dan Hikmah BerQurban
Keutamaan dan Hikmah BerQurban
Selasa, 07 Agustus 2018 04:42 WIB
Dalam bahasa Arab, binatang kurban disebut “Udh-hiyah” atau “Dhahiyyah”. Sayyid Sabiq menjelaskan: اَلْأُضْحِيَةُ وَالضَّحِيَّةُ اِسْمٌ لِمَا يُذْبَحُ مِنَ الْإِبِلِ وَالْبَقَرِ وَالْغَنَمِ يَوْمَ النَّحْرِ وَأَيَّامَ التَّشْرِيْقِ تَقَرُّبًا إِلَى اللهِ تَعَالَى “Udh-hiyah dan dhahiyyah adalah nama untuk binatang yang disembelih berupa unta, sapi dan kambing, pada hari nahr dan hari-hari tasyriq, dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah”. Hari nahr adalah hari raya idul adha tanggal 10 Zulhijah. Sedangkan hari-hari tasyriq adalah tanggal 11, 12,13 Zulhijah. Disebut hari nahr karena mulai hari itu diperintahkan menyembelih hewan kurban. Dari pengertian di atas, maka ibadah kurban adalah menyembelih binatang kurban sebagai salah satu bentuk ketaatan kita kepada Allah. Dasar Syariat Qurban Ini yang harus kita pastikan terlebih dahulu sebelum melaksanakan suatu amal ibadah. Yaitu adakah landasan syar’inya? Landasan syar’i bisa berupa ayat Alquran dan hadits, atau dalil-dalil yang bersumber dari keduanya seperti ijma’ dan qiyas. Landasan syar’i perlu dipastikan adanya agar kita tidak termasuk orang yang mengada-ada amal ibadah yang tidak ada dasarnya.
Lomba Pra Event Annual Meeting Sygma Daya Insani 2017
Lomba Pra Event Annual Meeting Sygma Daya Insani 2017
Senin, 06 Maret 2017 07:33 WIB
Dalam rangka menyambut Annual Meeting Sygma Daya Insani 2017 di Malaysia, panitia menyelenggarakan beberapa lomba yang bisa diikuti oleh para peserta, dengan hadia menarik. Berikut lomba-lomba yang bisa diikuti
Jarang Terjadi! Pegiat Literasi yang Viral Ini, Wisata Quran Langsung dengan Owner
Jarang Terjadi! Pegiat Literasi yang Viral Ini, Wisata Quran Langsung dengan Owner
Jum'at, 02 Juni 2017 09:00 WIB
Alhamdulillah, Sygma Daya Insani diberi kesempatan untuk bertemu dengan Ibu Elis beserta anaknya pada 29 Mei 2017. Ibu Elis adalah pegiat literasi yang viral di media sosial karena perjuangannya dalam mencerdaskan masyarakat disekitarnya.

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Dewi novita Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? Asisten belanja Anda siap membantu Anda, atau Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya.

Hubungi Saya Tentang Saya