Pengembangan Diri
Ringkasan Adab-Adab Dalam Memasak

Ringkasan Adab-Adab Dalam Memasak
Ayah Bunda, segala kegiatan sehari hari yang kita lakukan termasuk memasak juga mempunyai adab. Jika Ayah Bunda memasak dengan menggunakan adab-adab, maka akan mendatangkan keberkahan dan waktu memasak kita dianggap sebagai iabadah dan memperoleh pahala dari Allah. Berikut ini beberapa adab dalam memasak yang dipaparkan oleh Ust. Musthafa Sayani.

Ringkasan Adab-Adab Dalam Memasak

1. Berwudhu.
Berwudhu sebelum masak akan membuat makanan lebih bersih dan sehat karena proses memasak diawali dengan membersihkan diri. Ulama fikih juga menjelaskan hikmah wudhu sebagai bagian dari upaya untuk memelihara kebersihan fisik dan rohani. Daerah yang dibasuh dalam air wudhu-seperti tangan, daerah muka termasuk mulut, dan kaki --memang paling banyak bersentuhan dengan benda-benda asing, termasuk kotoran. Karena itu, wajar kalau daerah itu yang harus dibasuh.
 
2. Hendaknya Senantiasa Menutup Aurat
 
3. Melaksanakan Shalat 2 rakaat
Ayah Bunda bisa melaksanakan shalat sunnah dhuha, tobat, dan atau bahkan tasbih sebelum memasak. Hal ini insyaaAllah dapat menambah keridhaan Allah, sehingga masakan yang kita buat halal dan thayyib.
“dan makanlah makanan yang halal lagi baik (thayib) dari apa yang telah dirizkikan kepadamu dan bertaqwalah kepada Allah dan kamu beriman kepada-Nya”  - Al Maidah : 88
 
4. Masuk Dapur Membaca Doa
 “...Ya Tuhan kami, berilah kami rahmat yang besar dari sisi-Mu dan persiapkan petunjuk untuk kami terhadap urusan kami...” Al Kahf :10
 
5. Doa Ketika mengambil beras
“Apa yang di sisimu akan lenyap dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal.”- An Nahl: 96

6. Doa Ketika mencuci beras
“Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makanan yang lebih baik darinya.” - At-Tarmizi 5/506. Sahih At-Tarmizi 3/158.
 
7. Doa Ketika membuka panci
“Ya Allah, berikanlah keberkahan kepada kami pada apa-apa yang telah Engkau rizkikan kepada kami dan tambahkanlah (rizki) kepada kami darinya.”- HR. Abu Daud.
 
8. Doa Ketika Menaruh Beras ke Dalam Panci
 “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan setelah rasa lapar.”
 
9. Doa Ketika menaruh beras ke dalam air bersih
“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga dan bertaqwa kepada Allah supaya kamu beruntung.” (QS. Ali-Imran [3]:200)
 
10. Mengaduk makanan/sayur hendaknya dari kanan ke kiri sambil membaca:
“Tidak ada yang dapat menyatakan hari itu selain Allah.” – An Najm : 53
 
11. Memotong sayur, buah dan ikan dengan membaca:
“Kemudian mereka menyembelihnya dan hampir saja mereka tidak melaksanakan perintah itu.” – Al Baqarah : 71
 
12. Ketika meletakkan panci di atas kompor membaca:
“...Maka Allah akan mencukupi kamu dengan mereka dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” –Al Baqarah : 137
 
13. Apabila beras yang telah dibeli akan dimasukkan ke dalam tempatnya, bacalah doa berikut ini:
“...Dan Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas.” – An Nur : 38
 
14. Agar makanan lezat, bacalah shalawat tiga kali dan istighfar tiga kali.
“Sesungguhnya seorang hamba bisa tertahan rizkinya karena dosa yang dilakukannya.”(HR.Ahmad, Ibnu Hibban dan Ibnu Majah).
 
Referensi: Kemuliaan Wanita Shalihah/Karya: Ust. Musthafa Sayani/Penerbit:Pustaka Ramadhan








Pengembangan Diri Lainnya
Berbagai Cara Agar Orangtua Tidak Menghukum Anak dengan Kekerasan
Berbagai Cara Agar Orangtua Tidak Menghukum Anak dengan Kekerasan
Jum'at, 31 Maret 2017 09:21 WIB
Ayah Bunda, setiap keluarga memiliki caranya masing-masing dalam membentuk karakter baik. Seperti contohnya dalam mendidik anak. Anak tak lepas dari kesalahan, berbagai ide kreatif di lakukan oleh Ayah Bunda untuk menegur anak. Teguran dimaksudkan agar anak jera terhadap kesalahannya.
Negeri Para Ayah: “Apa Tugas Ayah?”
Negeri Para Ayah: “Apa Tugas Ayah?”
Kamis, 09 November 2017 10:29 WIB
Negeri Para Ayah: “Apa Tugas Ayah?” Oleh: Ust. Arif Rahman Hakim Trus yang disebut AYAH itu bagaimana sih? "AYAH itu gelar untuk lelaki yang mau dan pandai mengasuh anak bukan sekedar 'memiliki' anak"
Apa itu Pokemon Go?
Apa itu Pokemon Go?
Senin, 18 Juli 2016 06:25 WIB
Ayah Bunda, games adalah salah satu alternatif hiburan yang dapat memuaskan batin bagi para penggunanya. Salah satu games yang akan kita bahas adalah games pokemon atau nama permainannya adalah “Pokemon Go”.
FAKTA UNIK JEPANG
FAKTA UNIK JEPANG
Jum'at, 10 Januari 2020 13:50 WIB
Jepang merupakan negara yang paling banyak punya aturan tidak tertulis dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Ada budaya yang disebut “ba no kuuki wo yomu” (reading the air) atau memahami situasi tanpa perlu penjelasan dan berperilaku seperti seharusnya. Orang Jepang selalu berusaha menghormati orang lain dan membuat orang lain tidak merasa terganggu atau tidak nyaman. Terdapat beberapa fakta unik tentang Jepang, tentang kebiasaan warga nya yang sangat disiplin.

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Dewi novita Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? Asisten belanja Anda siap membantu Anda, atau Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya.

Hubungi Saya Tentang Saya